5 Tips Membeli Domain Murah

Achmad Fachrur Rozi

5 Tips Membeli Domain Murah

PondokGue.com – Membeli domain murah memang menarik untuk mendukung bisnis baru, Namun bukan itu saja, kalian juga harus mempertimbangkan nama yang tepat. 

Sebelum memutuskan untuk membelinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab tidak semua platform yang menjual nama domain sama baiknya. Beberapa di antaranya memakai taktik yang kadang mengecoh calon pembeli. Ada yang menyembunyikan biaya perpanjang, ada juga yang menjual data untuk mendapatkan uang. 

Sal semacam inilah yang perlu dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak jangka panjang untuk bisnis kalian.

Berikut ini beberapa tips membeli domain murah:

Hati-hati dengan Biaya Tersembunyi

membeli domain murah
Hati-hati Biaya Tersembunyi saat Membeli Domain Murah

Sebelum memutuskan untuk membeli domain murah, jangan langsung tergiur dengan harganya yang murah saja. Beberapa platform jasa penyedia domain memang menawarkan harga promosi yang murah.

Namun nantinya menyembunyikan banyak biaya lainnya di dalam kontrak yang akan mengikat kalian. Tak jarang, pembeli akan dikenakan tarif perpanjangan yang tinggi.

Kebanyakan orang mungkin tidak membaca persyaratan secara rinci. Padahal hal tersebut sangat penting dilakukan saat ingin membeli domain. Persyaratan Layanan perlu dibaca secara mendetail, apakah di dalamnya ada persyaratan, kewajiban atau biaya yang janggal. 

Kalian harus memastikan setiap detail seperti tarif perpanjangannya. Pastikan juga kalian hanya membeli apa yang dibutuhkan dan diinginkan saja.

Jangan sampai platform yang menjual jasa registrasi website tersebut mencoba melakukan upselling atau cross-selling pada hal-hal yang tidak kalian butuhkan.

Ada juga yang memaksa untuk membayar biaya edit listingan WHOIS atau RDAP. Biasanya detail setiap pendaftar domain harus dipublikasikan di direktori WHOIS dan RDAP publik. Wajarnya, registrar mengizinkan kalian untuk mengubah detail tersebut jika diperlukan tanpa ada biaya tambahan. Nah, beberapa registrar yang ingin mendapat cuan lebih, justru akan membebankan biaya administrasi ketika kalian ingin mengedit data WHOIS atau RDAP.

Baca Juga:   LaMDA: Teknologi Percakapan Google yang Mirip ChatGPT

Di samping itu, kalian juga perlu memastikan Persyaratan Layanan tersebut tidak mensyaratkan biaya transfer keluar untuk memindahkan domain kalian ke registrar lain. Biaya tersebut mungkin akan sangat tinggi.

Hal ini dilakukan registrar agar membuat proses transfer domain tersebut sulit dan rumit dilakukan.

Oleh sebab itu, sebelum membeli domain murah kalian perlu melihat tingkat kemudahan proses transfer sebelum memilih registrar yang tepat.

Proteksi Privasi Kalian

Proteksi Privasi saat membeli domain murah
Proteksi Privasi saat membeli domain murah

Seperti yang telah disinggung di atas, setiap detail domain harus dipublikasikan di direktori WHOIS dan RDAP. Kalian perlu menyimpan informasi pribadi sendiri. 

Sebab data yang tidak dilindungi rentan terhadap pencurian data oleh pelaku spam dan scam. 

Telitilah sebelum memilih registrar untuk membeli domain murah, cari yang memberikan perlindungan privasi kepada pembelinya. 

Jika registrar mengenakan biaya premium untuk ‘layanan privasi’, terutama yang menawarkan untuk menggunakan data mereka di registry semacam ini sebagai ganti data Anda. Hal ini diam-diam akan menjadikan mereka pemilik domain tersebut.

Proteksi Data

Dampaknya bukan hanya gagal melindungi data pribadi kalian dari data publik, beberapa registrar bahkan berani menjual data customernya ke pihak ketiga.

Pihak ketiga tersebut biasanya seperti perusahaan pemasaran dan sebagainya. 

Beberapa di antaranya juga akan memanfaatkan database WHOIS dan mengirimkan invoice perpanjangan palsu, sehingga membuat orang tanpa sadar mentransfer domainnya. 

Oleh sebab itu, pastikan registrar yang akan kalian pilih bisa menjamin bahwa mereka tidak akan menjual atau menyalahgunakan data pelanggan untuk tujuan pemasaran.

Mengutamakan Transparansi

Poin ini adalah salah satu poin terpenting, sebab transparansi terhadap pembeli adalah bentuk komitmen terbaik yang bisa kalian lihat dari registrar.

Pilih registrar yang menawarkan transparansi dalam harga maupun praktiknya. Seperti halnya kalian bisa dengan mudan melihat tarif perpanjangan, serta proses untuk mentransfer atau membatalkan pendaftaran domain. 

Baca Juga:   Cara Setting AMP di Blog Wordpress

Meski banyak registrar yang menawarkan pendaftaran murah untuk pembelian awal, namun bisa jadi kalian akan kelimpungan dengan dikenakannya biaya tinggi untuk perpanjangan domain. 

Bahkan lebih jauh lagi, mereka juga bisa membuat proses pembatalan pesanan jadi sangat sulit dilakukan. 

Itulah alasan mengapa harus mencari registrar yang menyediakan informasi harga dan persyaratan layanan di muka untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan di kemudian hari.

Pahami Perbedaan Dukungan dan Penjualan

Jangan mudah terkecoh, beberapa registrar biasanya mempekerjakan tenaga penjualan yang dilatih untuk meminta kalian membeli layanan tambahan yang mungkin tidak diperlukan. 

Mereka akan berpura-pura menawarkan dukungan kepada pelanggan. Agar tidak terkecoh, kalian bisa mencari informasi lebih lanjut dengan menanyakan kepada pelanggan yang sudah pernah membeli domain di platform tersebut. 

Demikian beberapa 5 tips membeli domain murah. Jangan hanya tergiur karena murah, pastikan juga tidak akan memberatkan kalian di kemudian hari. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kalian harus benar-benar memastikan hal-hal di atas.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment