4 Software Edit Video PC Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Software Edit Video PC Terbaik

PondokGue.com – Software edit video PC saat ini sudah tersedia banyak sekali. Jika aplikasi edit video di smartphone masih terbatas fitur-fitur yang ditawarkannya, software edit video PC memang belum ada yang mampu menyaingi.

Kalian bisa lebih leluasa menggunakannya untuk mengedit video dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Bahkan kalian bisa membuat karya film melalui software tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi software edit video PC terbaik:

Final Cut Pro

Software Edit Video PC Terbaik - Final Cut Pro
Final Cut Pro | Sumber: apple.com

Jika device yang kalian gunakan merupakan produk Apple, maka software edit video PC yang harus kalian coba adalah Final Cut Pro. 

Para pengguna Mac mungkin sudah familiar dengan software editing video bernama Final Cut Pro ini. 

Sejak kemunculannya pada tahun 2011, perangkat lunak yang dikembangkan untuk Mac ini menawarkan berbagai fitur yang menarik, seperti menghubungkannya dengan Photos dan koleksi iTunes.

Hal ini membuat penggunanya bisa dengan mudah mengimport video yang ingin diedit ke dalamnya. 

Bukan hanya itu, Final Cut Pro juga bisa menghapus kamera dan tripod yang muncul di video.

Semakin menarik, untuk memaksimalkannya tersedia juga fitur untuk video 360 derajat. Seperti yang diketahui bahwa kamera atau tripod yang masuk dan ikut terekam di video bisa dihapus dengan mudah.

Semua kalangan baik itu editor video amatir maupun profesional bisa menggunakannya karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah dipahami.

Adobe Premiere Pro

Software Edit Video PC Terbaik - Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro | Sumber: Adobe.com

Bagi para pengguna Windows, software edit video PC yang paling populer dan memang menawarkan kualitas editing yang mumpuni adalah Adobe Premiere Pro. Semua kalangan baik itu editor video pemula hingga profesional bisa dengan mudah menggunakannya. 

Baca Juga:   Cara Memilih Hosting Untuk Blog Wordpress

Sejak kemunculannya di akhir 2003, Adobe Premiere Pro selalu melakukan update berkala. Sehingga tidak heran jika kini memiliki fitur yang lengkap dan terorganisir. Pengguna bisa menemukan tools yang tersedia berdasarkan kategorinya. 

Seperti yang diketahui bersama, meski harganya masih terbilang mahal, namun banyak orang menganggap Adobe Premiere Pro adalah software edit video terbaik.

Kalian bisa belajar mengedit video dengan cara menonton beberapa video tutorial untuk dapat menggunakan Adobe Premiere Pro dengan baik.

Memang butuh penyesuaian beberapa waktu untuk mahir menggunakan setiap tools yang tersedia. Namun nantinya jika sudah expert, kalian bisa menghasilkan karya kreatif dengan proses editing video yang rumit sekalipun melalui Adobe Premier Pro.

Sony Vegas Pro

Software Edit Video PC Terbaik - Sony Vegas Pro
Sony Vegas Pro | Sumber: vegascreativesoftware.com

Software edit video PC selanjutnya yaitu Sony Vegas Pro. Perangkat lunak satu ini biasa disejajarkan dengan software video editing lainnya seperti Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.

Hal ini sebenarnya wajar, sebab Sony Vegas Pro memiliki fitur yang lengkap dan biasa digunakan oleh editor video profesional.

Meski kalian masih pemula, kalian bisa mencobanya dan belajar mengedit video melalui software tersebut.

Sony Vegas terbilang mudah dipelajari karena menawarkan tampilan yang sederhana.

Kecanggihan fitur edit audionya menjadi daya tarik paling menonjol dari Sony Vegas Pro. Di dalamnya tersedia berbagai pilihan untuk menghasilkan video dengan kualitas audio yang sangat baik.

Tentu sangat cocok digunakan oleh content creator, vlogger maupun YouTuber.

Lightworks

Software Edit Video PC- LightWorks
Software Edit Video PC- LightWorks | Sumber: lwks.com

Jika kalian sedang mencari software edit video PC yang memiliki tools sekelas film Hollywood, maka Lightworks bisa dijadikan pilihan terbaik.

Berbagai Film Hollywood ternama dikabarkan pernah diedit menggunakan software satu ini, di antaranya The Wolf of Wall Street, Mission Impossible, Shutter Island, dan Pulp Fiction.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang sudah profesional dalam mengedit video, maupun memang tuntutan pekerjaan dalam bidang broadcasting tentu wajib menggunakan software Lightworks.

Baca Juga:   Pentingnya Memiliki Blog Dalam Berbisnis

Apalagi mengingat software PC Lightworks ini memiliki versi gratis, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam versi gratisnya, pengguna hanya bisa meng-export video dengan resolusi paling tinggi 720p saja.

Sedangkan pada versi berbayarnya, kalian bebas meng-export video dengan resolusi HD, PAL, dan NTSC.

Demikian beberapa rekomendasi software edit video PC terbaik yang wajib kalian coba. Kalian bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki saat ini sebelum memutuskannya. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment