samsung galaxy z fold 2

Dibanderol 29,3 Juta, Apakah Samsung Galaxy Z Fold 2 Akan Masuk Indonesia?

Pondokgue.com – Dalam gelaran “Unpacked” awal Agustus lalu, bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 20 series, Samsung secara resmi akhirnya memberikan bocoran Galaxy Z Fold 2, ponsel layar lipat generasi terbarunya.

Dikutip dari Kompas.com, dalam sebuah acara bertajuk “Unpacked Part 2” yang digelar secara online, Selasa (1/9/2020) malam, perusahaan asal Korea Selatan tersebut membeberkan beragam fitur serta spesifikasi ponsel layar lipat ini secara lebih rinci.

Berdasarkan informasi yang sudah beredar, Galaxy Z Fold 2 dibekali dengan dua layar, terdiri dari layar utama yang bisa dilipat, berikut layar sekunder (cover display).

Layar utama memiliki panel berjenis AMOLED 2X Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci (resolusi QXGA Plus), dengan refresh rate 120 Hz. Panel ini dilapisi dengan “Ultra Thin Glass” dan diklaim lebih kuat dibanding Galaxy Fold generasi pertama.

Samsung Galaxy Z Fold 2

Adapun layar kedua, yang memunggungi layar utama, mengusung panel Super AMOLED dengan diagonal 6,2 inci dan resolusi HD Plus. Engsel (hinge) Galaxy Z Fold 2 juga diklaim lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Samsung menyebut fitur ini sebagai Flex Mode yaitu mengadopsi teknologi yang dijuluki “CAM mechanism”. Teknologi ini menjadikan perangkat bisa dilipat dengan sudut sekitar 90 derajat (half-fold), sama seperti Galaxy Z Flip, sehingga layar ponsel bisa dipakai untuk menampilkan dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Selain menjalankan aplikasi, Flex Mode juga bisa dipakai untuk menonton video dengan tombol playback terpisah, serta mengoperasikan kamera dengan tombol shuter, viewfinder, dan lain sebagainya dalam layar yang terpisah pula.

Engsel ponsel lipat ini juga turut dibekali dengan bulu-bulu yang dinamai “sweeper”yang bisa membantu untuk membersihkan engsel dari partikel, debu, atau kotoran yang bisa masuk.

Lima Kamera

Galaxy Z Fold 2 sendiri dibekali dengan lima kamera, terdiri dari tiga kamera belakang, serta dua kamera selfie 10 MP (f/2.2) yang dimuat dalam lubang kamera (Infinity-O) di layar utama dan layar sekunder.

Spesifikasi Kamera Galaxy Z Fold 2

Ketiga kamera belakang Galaxy Z Fold 2 sendiri mencakup kamera utama 12 MP (f/1.8, OIS, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4).

Deretan kamera ini turut dibekali dengan beragam fitur pendukung. Di antaranya Auto Framing untuk zoom otomatis tanpa harus menggerakkan perangkat.

Ada pula fitur Single Take, Bright Mode, Night Mode, Pro Video Mode, serta Dual Preview yang bisa “menyulap” cover display menjadi viewfinder kamera ketika ponsel dibentangkan.

Performa

Tidak main-main, di sektor performa, Samsung Galaxy Z Fold 2 ditenagai dengan chipset termutakhir Snapdragon 865 Plus besutan Qualcomm. Karena sudah ditenagai Snapdragon 865 Plus, Galaxy Z Fold 2 juga memiliki dukungan 5G, baik Standalone (SA) maupun Non-Standalone (NSA).

Tidak hanya itu Galaxy Z Fold 2 juga di bekali RAM 12 GB (LPDDR5) dan memori internal (storage) 256 GB atau 512 GB (UFS 3.1). Meski demikian, kapasitas storage 512 GB hanya tersedia di beberapa negara saja seperti China, Hongkong, dan Taiwan sedangkan negara lain bakal kebagian varian 256 GB. Nah,

Ponsel ini juga bisa menjalankan dengan “dua” kartu SIM, terdiri dari satu slot yang mendukung kartu SIM berjenis nano, sementara satu lagi, alih-alih fisik, merupakan eSIM alias kartu SIM virtual. Namun, ketersediaan eSIM ini bisa saja berbeda-beda setiap negara.

Dari sisi daya, Galaxy Z Fold 2 mengusung baterai berkapasitas 4.500 mAh dan mendukung teknologi pengisian cepat 25W (wired) dan 11W (wireless). Perangkat ini juga bisa mengisi daya perangkat Samsung lainnya secara wireless dengan daya 4,5W.

Fitur pendukung lainnya mencakup modul sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang diletakkan di bingkai perangkat (side-mounted), Bluetooth 5.0, WiFi 6, Ultra Wide Band (UWB), NFC, dan speaker ganda yang diklaim bisa menghasilkan suara menggelegar bagi pecinta musik.

Harga dan Ketersediaan

Galaxy Z Fold 2 menjalankan sistem operasi Android 10 (One UI 2.5) dan tersedia dalam dua varian warna, yakni Mystic Bronze dan Mystic Black.

Galaxy Fold tersebut sudah bisa dipesan (pre-order) mulai Selasa (1/9/2020) di beberapa negara tertentu, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Dan pada 18 September mendatang, ponsel layar lipat tersebut bakal mulai dipasarkan di 40 negara.

Dengan harga 1.990 dollar AS atau sekitar Rp 29,3 juta di pasar global namun belum diketahui apakah pasar Indonesia bakal kebagian Galaxy Z Fold 2 atau tidak.