iPad 10th Gen Gunakan A14 Bionic, Era USB-C

Achmad Fachrur Rozi

iPad 10th Gen

PondokGue.com – iPad 10th Gen baru akan segera hadir dengan membawa chipset A14 Bionic. Paling menarik dari peluncurannya kali ini, Apple melakukan perubahan besar. Apa itu? Silakan simak sampai selesai.

Apple Ganti Konektor Lightning dengan USB-C

Menariknya, iPad 10 gen baru sekarang sepenuhnya sesuai dengan aturan standar port universal UE yang akan datang. Dengan kata lain, ia menawarkan port USB Type-C, meninggalkan konektor Lightning di masa lalu. 

Kecenderungan tersebut akan berlanjut, nantinya seluruh produk Apple baru ganti ke standar baru yaitu USB-C. 

Kini iPad terbaru tersebut menggunakan USB Type-C untuk pengisian dayanya. Bukan lagi menggunakan kabel lightning yang identik dengan produk Apple. 

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Eropa beberapa waktu lalu telah mewajibkan penggunaan USB Type-C. Aturan tersebut dimaksudkan agar dapat mengurangi limbah elektronik dan memudahkan para konsumen tanpa harus memiliki banyak charger.

Pasar Eropa bagi Apple merupakan wilayah penting penjualan iPhone. Berdasarkan data 2021, Apple telah menjual 241 juta iPhone secara global, sekitar 23,2 persen atau lebih tepatnya 56 juta unit iPhone terjual di wilayah Eropa.

Jadi apabila Apple tidak mau kehilangan pasar Eropa, mau tidak mau harus meninggalkan port Lightining pada produk terbarunya.

Masalah yang akan timbul nantinya mungkin pada aksesoris pendukung, seperti Apple Pencil generasi pertama yang masih menggunakan port Lightning.

Itu artinya, pengguna membutuhkan adaptor untuk menghubungkan USB-C ke Lightning.

Kabar baiknya, pada paket penjualan iPad 10th Gen menjadi satu. Anda dapat membelinya seharga $9.

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Lengkap iPhone 5C

Tahun depan, kita juga akan melihat seri iPhone 15 dengan port USB Type-C baru. Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di era USB Type-C.

Layar iPad 10th Gen

Tampilan iPad 10th Gen
Tampilan iPad 10th Gen (Sumber: GizChina)

iPad entry-level tahun lalu dihadirkan khusus bagi mereka yang ingin mencicipi pengalaman menggunakan iPad. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, perangkat ini lebih tipis dan memiliki sisi datar. 

Kini Slate baru tersebut menawarkan LCD IPS berukuran 10,9 inci dengan kecerahan 500 nits.

iPad 10th Gen dengan Chip A14 Bionic

iPad Generasi ke-10 juga menawarkan chip Apple A14 Bionic dengan CPU Hexa-Core. GPU memiliki arsitektur Quad-Core. Tidak ketinggalan juga Neural engine 16-inti untuk meningkatkan kemampuan AI.

Konektivitas iPad 10th Gen

Pindah ke bagian konektivitas, ada beberapa varian iPad baru, yaitu hadir dalam versi Penyimpanan 64 GB dan 256 GB. 

Selain itu, Anda juga dapat memilih model Wi-Fi only atau 5G. Bagi pengguna Wi-Fi, iPad 10th Gen sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6 yang lebih cepat. Terdapat pula tombol samping Touch ID dan audio dua speaker.

Kamera 12 MP

Kamera Depan dan Belakang iPad 10th Gen (Sumber: GizChina)

Pada bagian kameranya, iPad terbaru ini menghadirkan kamera depan Ultrawide 12 MP. Letaknya berada di tepi lanskap iPad. 

Hal ini bertujuan agar dapat memberikan pengalaman panggilan video yang baik. 

Pengguna juga akan mendapatkan semua fitur iPadOS 16 yang mewah untuk meningkatkan panggilan video Anda.

Harga dan Ketersediaan

iPad 10th Gen tersedia dalam empat varian warna, antara lain Biru, Merah Muda, Perak, dan Kuning. Anda dapat melakukan pre-order terlebih dahulu dan pengirimannya akan dimulai pada 26 Oktober.

Soal harga, iPad varian penyimpanan 64 GB dibanderol mulai dari $ 449 / € 579 atau setara dengan Rp6,9 jutaan. 

Baca Juga:   ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 7D Muncul di Geekbench

Meski ada kenaikan harga, namun Apple masih mempertahankan model tahun lalu untuk mereka yang ingin membayar $ 329 atau setara dengan 5,1 jutaan.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment