7 Cara FYP di TikTok Biar Cepat Viral

Achmad Fachrur Rozi

Cara FYP di TikTok

PondokGue.com – Cara FYP di TikTok wajib kalian ketahui jika merasa akun TikTok kalian sepi. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengupas tips and trik agar konten kalian cepat viral dan memiliki banyak like.

TikTok merupakan salah satu platform video pendek yang bersifat hiburan. Kalian bisa membuat berbagai video kreatif dengan durasi waktu mulai dari 15 detik, 30 detik, 1 menit, hingga 3 menit.

Salah satu istilah khas dari aplikasi TikTok yaitu FYP atau For Your Page. Artinya halaman yang memuat berbagai video yang direkomendasikan khusus untuk kalian. Halaman ini akan selalu muncul pertama kali saat kalian membuka TikTok.

Berbagai video menarik bisa kalian tonton pada halaman ini berdasarkan minat, kepopuleran dan algoritma tertentu.

Cara FYP di TikTok sebenarnya tidak begitu sulit. Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar konten video yang kalian posting bisa viral, antara lain:

Ada beberapa hal yang bisa kalian coba untuk meningkatkan engagement dan interaksi antara sesama pengguna TikTok. 

Buat Konten Berkualitas untuk Meningkatkan Engagement

Cara FYP di TikTok yang pertama bisa dilakukan dengan membuat sebuah konten berkualitas yang mampu meningkatkan engagement antara pembuat content dengan followers-nya. 

Konten harus original dan unik, jika memungkinkan juga menyisipkan detail kecil yang lucu di dalamnya. Hal ini bisa membuat para penonton merasa puas dan tak menutup kemungkinan mereka akan meninggalkan komentar pada post tersebut.

Baca Juga:   3 Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Duet dengan Kreator Lain

Beberapa kreator mungkin belum pernah mencoba tips satu ini, yaitu Duet dengan kreator lain. Salah satu cara FYP di TikTok yang cukup efektif meningkatkan akun kalian agar semakin dikenal bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Sebab video duet TikTok mampu meningkatkan exposure dari video konten yang dibuat. Apalagi mengingat masing-masing akun memiliki penonton setianya. Jika hasil duetnya menarik, maka akan banyak komentar berdatangan. 

Ikuti Tren

Bagi para pemula, cara FYP di TikTok yang paling mudah adalah dengan mengikuti tren yang sedang berlangsung. Perkembangan tren setiap harinya bisa berubah, kalian harus memiliki kepekaan terhadap tren tersebut. Bisa tren berupa challenge, filter, sound dan sebagainya.

Jika kalian mengikuti tren kekinian, usahakan video dan sound-nya sesuai. Hal tersebut bisa meningkatkan traffic sekaligus follower meski akun baru sekalipun.

Buat Video dengan Durasi Pendek

Perlu diketahui bahwa biasanya pengguna TikTok lebih menyukai video-video yang berdurasi lebih pendek. Hal ini menurunkan kemungkinan pengguna lain untuk swipe video lainnya sebelum video kalian berakhir.

Tentu saja jika mereka menonton video secara penuh akan meningkatkan engagement. Oleh sebab itu, buatlah konten yang mudah, singkat, padat dan jelas. 

Perhatikan Waktu Upload Video

Waktu posting merupakan salah satu pengaruh terbesar bagi sebuah konten yang ingin FYP. Jika kalian akan memposting suatu konten, maka usahakan pada jam dimana semua orang memiliki banyak kesempatan untuk mengakses platform tersebut. Orang-orang sering mengistilahkan sebagai Prime Time.

Oleh sebab itu, kami sarankan agar kalian mengatur jadwal konten FYP TikTok pukul 11.00-13.00 WIB, pukul 16.00-17.00 WIB dan pukul 19.00-23.00 WIB.

Pada saat-saat tersebut, biasanya orang-orang lebih leluasa scrolling akun TikTok mereka.

Baca Juga:   4 Cara Mengaktifkan Copilot Windows

Menurut sumber lain, setiap harinya memiliki 3 kesempatan agar video yang diupload bisa FYP. Jika ingin tahu selengkapnya, kalian bisa mengupload video dengan jadwal (Prime Time) berikut:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jum’at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

Buat Caption Menarik dan Tambahkan Hashtag

Cara FYP di TikTok selanjutnya bisa dilakukan dengan menambah caption pada bagian bawah video semenarik mungkin. Sebab sebuah caption bisa memberikan penonton sebuah konteks agar maksud dari video kalian dapat tersampaikan dengan baik. 

Dulu karakter caption di TikTok masih terbatas 100 karakter saja. Namun sejak November 2021, jumlah karakternya ditingkatkan menjadi 300. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk membuat caption semenarik mungkin.

Caption yang menarik juga mampu meningkatkan peluang interaksi video. Gunakan juga berbagai hashtag yang saat ini trending. Pastikan agar hashtag tersebut relevan dengan video tersebut. 

Semakin banyak interaksi, maka semakin besar kemungkinan untuk muncul di halaman For You. 

Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Cara FYP di TikTok yang tak kalah pentingnya adalah berinteraksi dengan pengguna lain. Hal ini sangat disarankan untuk eksistensi akun kalian. 

FLKS atau Folow, Like, Komen, Share bertujuan agar semua orang yang sudah menyaksikan video tersebut bisa ikutan dan mau berpartisipasi. Silakan tinggalkan like dan komentar kalian pada video yang masuk ke dalam halaman For You kalian.

Demikian beberapa cara FYP di TikTok yang bisa kalian lakukan agar konten video kalian cepat viral. Silakan ikuti tips dan trik di atas untuk memaksimalkan engagement akun kalian.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment