ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12, Pilih Mana?

Achmad Fachrur Rozi

ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12

PondokGue.com – ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 sering dijejerkan karena memiliki spesifikasi yang terbilang hampir sama. Hal ini seringkali membingungkan, apalagi bagi mereka yang ingin membeli HP baru di kelas flagship.

Menimbang kedua perangkat ini memang bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu, kami mencoba untuk membantu dalam membandingkan keunggulan dan kelebihan dari ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12.

Desain dan Tampilan

Perbandingan ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 yang pertama bisa dilihat dari segi desain dan tampilan. Bagi yang ingin mencari smartphone Android dengan ukuran yang compact dan memiliki spek flagship, kedua smartphone ini adalah pilihan yang tepat.

ASUS dan Xiaomi percaya diri menekuni segmen ini lewat jajaran smartphone flagshipnya yaitu ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 ke pasar global. 

ASUS Zenfone 9 membawa konsep bodi belakangnya yang terkesan stylish dengan frame yang dibuat mengotak simetris serta desain dua modul kamera berbentuk cincin yang cukup besar. 

Perlu diketahui bahwa bodinya ini masih menggunakan material polimer. Namun finishingnya terlihat begitu kalem dan tetap terlihat elegan.

Lain halnya dengan Xiaomi 12 yang menawarkan tampilan lebih fresh dengan desain back cover berbahan kaca Corning Gorilla Glass generasi kelima. 

Pada bagian belakang Xiaomi 12 memiliki tampilan modul kamera berbentuk persegi panjang yang disusun secara vertikal dengan satu lensa yang dibuat lebih besar dibanding dua lensa pendampingnya.

Layar ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12

Head to head ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 selanjutnya bisa dilihat dari segi layarnya. ASUS Zenfone 9 mengusung desain layar datar menggunakan panel berjenis AMOLED buatan Samsung yang telah diproteksi Corning Gorilla Glass Victus berukuran 5,9 inci DCI-P3 beresolusi FHD Plus. 

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartfren Andromax-i

Layar AMOLED ASUS Zenfone 9 ini memiliki kecepatan refresh mencapai 120Hz. Pemindai sidik jari tidak berada di layar, namun terletak di bagian samping yaitu pada tombol Zen Touch yang tidak hanya berfungsi sebagai tombol power saja, namun juga sebagai navigasi praktis dalam mode satu tangan.

Tak mau kalah, Xiaomi 12 juga dibekali panel layar AMOLED berbentuk melengkung serta dimensi yang sedikit lebih besar seluas 6,28 inci DCI-P3 beresolusi FHD Plus. 

Urusan refresh rate, Xiaomi 12 masih sama dengan Zenfone 9 yaitu mendukung refresh rate mencapai 120Hz.

Bedanya, layarnya ini sudah mendukung sensor pemindai sidik jari yang dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Kamera ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12

Nah yang paling menarik pada perbandingan ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 adalah bagian kamera. 

Kedua smartphone flagship ini mengusung konfigurasi kamera yang berbeda. ASUS Zenfone 9 hanya dibekali dua lensa besar di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama sensor IMX766 beresolusi 50MP dan kamera ultra-wide 13MP.

Sedangkan Xiaomi 12 dibekali tiga lensa kamera belakang, yakni kamera utama sensor IMX766 beresolusi 50MP, kamera ultra-wide 13MP, dan 5MP kamera makro. Pada kamera selfie, ASUS Zenfone 9 dilengkapi sensor kamera Sony IMX663 beresolusi 12MP. Sementara Xiaomi 12 memiliki kamera selfie dengan resolusi yang jauh lebih tinggi, yaitu 32MP.

Prosesor Snapdragon Terkencang

Salah satu poin yang bisa menjadi pertimbangan utama dalam memilih salah satu antara ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 adalah performa dapur pacunya. 

Perlu diketahui bahwa ASUS Zenfone 9 sudah ditenagai prosesor termutakhir dari Qualcomm saat ini yang memiliki peningkatan performa serta efisiensi daya lebih baik, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan proses fabrikasi 4 nanometer.

Baca Juga:   Xiaomi Siapkan Update Android N

Sedangkan Xiaomi 12 masih menggunakan prosesor satu kelas di bawah Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang diusung ASUS Zenfone 9. Xiaomi 12 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan proses fabrikasi 4 nanometer.

Jika kalian sangat memperdulikan kinerja HP yang akan dibeli, di atas kertas ASUS Zenfone 9 lebih unggul dalam hal performa. 

Di pasar global, ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 tersedia dalam tiga varian memori, yakni 8/128GB, 8/256GB, dan 12/256GB. 

Baterai dan Konektivitas

Tidak kalah pentingnya, kalian juga harus memperhatikan kapasitas daya kedua smartphone flagship ini. ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12 memiliki kapasitas baterai yang sedikit berbeda.

Zenfone 9 ditenagai baterai berkapasitas 4300mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 30W dan teknologi FFC. 

Sedangkan Xiaomi 12 menawarkan baterai berkapasitas 4500mAh dengan kemampuan pengisian daya yang jauh lebih cepat lewat teknologi 67W turbo charging.

Keduanya sama-sama didukung oleh teknologi LiquidCool yang mampu menjaga suhu perangkat agar tidak mudah panas. Speaker keduanya juga sama-sama memiliki dual speaker stereo dan sudah mendukung konektivitas jaringan 5G.

Bagaimana menurut kalian? masih bingung memilih salah satunya?

Perbandingan Harganya di Indonesia

Jika kalian masih bingung, maka opsi pamungkasnya bisa dilihat dari segi harga ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12. 

Harga ASUS Zenfone 9 di Indonesia, saat ini masih stabil atau sama seperti awal peluncurannya. Harganya masih di kisaran Rp9.999.000 untuk varian 8/256GB. Varian termurahnya 6/128GB dibanderol dengan harga Rp7.855.000.

Harga Xiaomi 12 di Indonesia saat ini mengalami penurunan. Sekarang sudah bisa dibeli dengan harga Rp7.999.000 saja.

Melihat kelengkapan spesifikasi yang dibawa keduanya, secara keseluruhan Zenfone 9 masih lebih unggul. Namun Xiaomi 12 terlihat sedikit lebih diunggulkan di beberapa sektor. Namun itu semua kembali pada kebutuhan masing-masing pengguna. 

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment