Menjawab 6 Pertanyaan ASUS ROG Phone 6

Achmad Fachrur Rozi

Menjawab 6 Pertanyaan Seputar ASUS ROG Phone 6

PondokGue.com – ASUS ROG Phone 6 merupakan smartphone gaming terbaik saat ini. Predikat terbaik tersebut bukan hanya klaim semata. 

Berkat dukungan spesifikasi, fitur dan aksesoris yang mumpuni, pengalaman bermain game penggunanya jelas jauh lebih optimal dibandingkan dengan smartphone gaming biasa.

ASUS ROG Phone ini baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu dan para peminatnya sudah bisa mulai melakukan pre-order sejak 21 September hingga 31 Oktober 2022. Jika beruntung, kalian berkesempatan untuk mendapatkan Aero Active Cooler 6 senilai Rp999.000, selama persediaan masih ada.

Meski belum mulai pengiriman untuk umum, kami sudah dapat menikmati pengalaman menggunakannya sejak pertama kali diluncurkan.

Oleh sebab itu, kami akan berusaha menjawab beberapa pertanyaan seputar ASUS ROG Phone 6. Silakan simak sampai tuntas.

Bagaimana Spesifikasinya?

ASUS ROG Phone 6 Series
Sumber: ASUS ROG Indonesia

ASUS ROG Phone 6 memiliki desain yang sangat menarik bagi para gamer. Smartphone gaming ini telah dibubuhi beberapa ornamen khas ROG Phone dengan tambahan teknologi Illuminated RGB Logo di bagian belakangnya.

Kalian mungkin penasaran dengan beberapa hal. Pertanyaan pertama yang muncul dibenak penggemar ROG pasti seputar spesifikasinya. Smartphone gaming terbaru dari ASUS selalu identik dengan gebrakan spesifikasi terbaik saat ini. Langsung saja, berikut ini akan kami jelaskan beberapa spesifikasi utama dari ASUS ROG Phone 6:

  • Layar: AMOLED 6,78 inci 1080 x 2448 pixels, Refresh rate 165Hz, Corning Gorilla Glass Victus 
  • Chipset: Prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, GPU Adreno 730 
  • Sistem Operasi: Android 12 
  • Memori: RAM LPDDR5 8/256GB dan 12/256GB 
  • Kamera utama: Triple camera 50MP, f/1.9, (wide); 13MP, f/2.2, (ultrawide); 5MP, (macro). Perekaman video sampai 8K@24fps 
  • Kamera depan: Single camera 12MP, 28mm (wide). Perekaman video sampai 1080p@30fps 
  • Baterai: 6.000 mAh (2x 3.000mAh), Fast charging 65W 
  • Kelengkapan: Tahan air (IPX4), Dual SIM, Earphone jack 3,5mm, USB Type-C (dua port), Fingerprint (under display).

Perlu diketahui bahwa smartphone gaming baru tersebut merupakan ponsel gaming berperingkat IPX4 pertama di dunia. Artinya, tingkat perlindungan yang ditawarkan ROG 6 mampu bertahan dari cipratan air normal.

Fitur Apa Saja yang Ditawarkan?

AeroActive Cooler 6
Sumber: ASUS ROG Indonesia

Fitur pertama yang menarik perhatian kami adalah Fan Cooler snap-on yang diberi nama AeroActive Cooler 6. Salah satu aksesoris ROG Phone 6 ditawarkan pada produk ini bertujuan untuk menjaga agar semua perangkat keras di dalamnya tidak cepat pana selama sesi permainan panjang. 

Fungsi AeroActive Cooler 6 pada ROG Phone 6 bukan hanya sebagai kipas pendingin untuk pembuangan panas saja. Melainkan juga terdapat fitur untuk mengontrol game dengan 4 tombol, yaitu R1, R2, L1, dan L2.

Baca Juga:   ASUS Zenfone 9 vs Xiaomi 12, Pilih Mana?

Cooling mode yang tersedia pada AeroActive Cooler ada 4, antara lain Smart, Cool, Frosty dan Frozen. Kalian dapat menyesuaikannya berdasarkan tingkat panasnya CPU.

Meskipun sebenarnya ASUS juga telah menawarkan sistem pendingin 360 derajat untuk CPU-nya yang mampu mengurangi perlambatan termal secara drastis dalam game.

Kedua, fitur AirTriggers ROG 6 memiliki sensor yang berfungsi seperti tombol L2/R2 joystrick. AirTriggers 6 terletak pada bagian kanan atas dan bawah perangkat.

Fitur tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih mudah dan praktis. AirTriggers ini dapat diatur tingkat respon dan intensitasnya sendiri menyesuaikan kebiasaan pengguna.

Tampilan-ROG-Phone-6-dengan-Kunai-3-GamePad
Sumber: ASUS ROG Indonesia

Fitur ketiga, yaitu OptiFlex. Fitur ini merupakan teknologi yang dapat membuat aplikasi yang paling sering dibuka akan disimpan secara khusus pada memori. Sehingga dapat dijalankan kapanpun dengan lebih cepat. 

Fitur keempat yaitu Bypass Charging. Fitur tersebut dapat mengatasi kegelisahan para gamer yang khawatir terhadap masa pakai baterainya menjadi cepat boros. 

Tenang saja, berkat fitur ini memungkinkan sistem untuk menerima daya dari adaptor tanpa mengisi daya baterai secara bersamaan karena pengisian daya baterai akan meningkatkan suhunya. 

Artinya, proses charging hanya akan langsung memasok daya pada sistem.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah memungkinkan penggunanya mengetuk bagian belakang smartphone dua kali untuk menscreenshot. Hal ini benar-benar praktis dan unik.

Pengguna juga dapat memutar pesan suara dan berinteraksi dengan Google Assistant. 

Sebenarnya masih banyak lagi fitur menarik lainnya yang harus kalian coba sendiri dan rasakan sensasinya!

Bagaimana Experience Menggunakan ROG Phone 6?

Kesan pertama kami saat menggunakan ASUS ROG Phone 6 jelas terkagum-kagum. Pada kotak dus penjualannya, terdapat charger 65 W dengan port USB-C setiap ujungnya atau C to C. 

Satu aksesoris bawaan yang sudah jarang ditemukan yaitu headset juga terselip di dalamnya.

Tampilan Belakang ROG Phone 6
Sumber: ASUS ROG Indonesia

Desain artistik nan futuristik pada bagian belakangnya dan juga LOGO ROG yang berwarna-warni merebut perhatian.

Saat mengaktifkannya, muncul tampilan animasi menarik dengan kesan gaming yang kuat. Tidak berhenti di situ, kalian nantinya juga akan disuguhi dengan Game Augmented Reality dengan men-scan kartu yang terdapat pada dusnya. Benar-benar terasa premium. 

Berbicara mengenai layarnya, jelas terasa sangat responsif dan mampu menampilkan detail tajam yang kaya warna. Hal ini berkat layar AMOLED dengan refresh rate 165Hz. 

Jika kalian terbiasa menggunakan ponsel gaming biasa yang masih 90Hz-120Hz, tentu akan sangat terasa bedanya. Mulai dari kecepatan respon hingga frekuensi gambarnya benar-benar mulus dan memanjakan mata.

Sebagai smartphone gaming, pengalaman terbaik menggunakan ASUS ROG 6 tentu pada saat bermain game. Game Genie merupakan fitur khusus pada ROG Phone yang akan bekerja saat bermain game.

Baca Juga:   Snapseed | Aplikasi Editing Terbaik Untuk iPhone dan Android

Kalian hanya perlu menekan tombol X Mode. Lalu serangkaian animasi mengesankan dengan vibes ala film Transformers muncul. 

Animasi pada wallpaper default dimulai, simbol mulai bergeser, batas bercahaya mulai bersinar di sekitar ikon. 

Jika diatur dengan tepat, logo RGB pada bagian belakang akan menyala, serta logo Aura Sync yang kompatibel pada aksesori ROG yang terpasang.

Berapa Harga ASUS ROG Phone 6 di Indonesia?

Melihat segudang spek dan fitur gaming terbaik itu, tentu sudah mulai penasaran soal Berapa RAM ROG Phone 6 ini.

Harga ROG Phone 6 varian 8/256GB dibanderol Rp 10.999.000 dan varian 12/256GB dibanderol Rp 13.999.000. 

Bagi Pengguna ROG Phone 5, Apakah Perlu Beralih ke ROG Phone 6?

Jika kalian sangat peduli dengan tingkat refresh rate dan touch sampling pada layar, tentu jawabannya adalah harus. Sebab pada ASUS ROG Phone 5 memiliki refresh rate 144Hz. Sementara ASUS ROG Phone 6 sudah mendukung refresh rate lebih tinggi, yaitu 165Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus.

Kemudian dari segi touch sampling, ASUS ROG Phone 5 hanya memiliki rate 300 Hz. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 meningkat tajam menjadi 720 Hz. Bermain game pun terasa lebih responsif dan akurat.

Hal yang paling utama, mengapa wajib beralih ke ROG Phone 6 adalah prosesor yang digunakannya. Jika ROG Phone 5 menggunakan Snapdragon 888, maka pendahulunya memiliki prosesor yang lebih baik, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1. Secara teori, Snapdragon 8 Plus Gen 1 tentu jauh lebih unggul dibandingkan Snapdragon 888.

Apakah ROG Phone 6 Worth It?

Berdasarkan semua keunggulan yang telah disuguhkan kepada kalian, tentu ROG Phone 6 ini sangat worth it. Apalagi bagi para gamer profesional yang membutuhkan perangkat gaming terbaik dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp2.000.000. 

Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya: https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment