HomeSmartphoneSamsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Penulis

View

Kategori

Ikuti kami di

PondokGue.com – Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro, dua smartphone Android terbaik saat ini. Kira-kira, mana yang lebih baik di tahun 2023 ini?

Meski Google Pixel 7 Pro menjadi smartphone Android terbaik di tahun 2022, dengan kemunculan Samsung Galaxy S23 Ultra apakah bisa menggeser singgasananya.

Pertanyaan tersebut jelas membuat orang-orang penasaran. Mari simak pembahasannya sampai tuntas.

Hardware

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro bisa dibandingkan mulai dari hardware-nya. Galaxy 23 Ultra merupakan smartphone ultra-premium dalam segala hal.

Mulai dari bahan, model, hingga finishing. Meski bagi sebagian orang masih terdapat kelemahan di beberapa sektornya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir memang masih sulit memaafkan keputusan Samsung karena menghapus dukungan kartu micro SD bersama dengan kemampuan untuk melakukan pembayaran MST dengan Samsung Pay. 

Bagi pengguna di Indonesia, fitur ini mungkin sama sekali tidak pernah berguna. Namun ketika bepergian ke luar negeri yang sudah didukung akses tersebut, fitur ini memang sangat bermanfaat. 

Mengesampingkan rasa frustasi itu, perpaduan garis Galaxy Note dan S telah menjadi kemenangan dalam banyak hal.

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro
Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Jika membandingkan Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro, maka Google Pixel 7 Pro juga tak kalah hebatnya. Perangkat ini dibuat dengan baik, tetapi saat digenggam, Galaxy S23 Ultra terasa seperti monster yang berbeda. 

Ini adalah raksasa, dengan desain kotak dan persyaratan yang bahkan memiliki ruang untuk tambahan seperti S Pen. Karena itu, hampir mengesankan bagaimana Pixel 7 Pro berhasil menumpuk. 

Ini juga merupakan ponsel besar dan berani yang juga besar. Ini sebenarnya hampir 1oz, atau 20g, lebih ringan (7.48oz/212g vs. 8.25oz/233g), yang terlihat jelas.

Galaxy S23 UltraGoogle Piksel 7 Pro
Ukuran6,8 inci6,71 inci
Menampilkan120Hz / AMOLED / QHD+ / Gorilla Glass Victus+ / 3.088 x 1.440 piksel / 501ppi120Hz / LTPO / QHD+ / Gorilla Glass Victus / 3.120 x 1.440 piksel / 512ppi
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 2Google tensor G2
RAM8/12GB DDR512GB DDR5
Penyimpanan256/512/1TB GB UFS 4.0128 / 256 / 512GB UFS 3.1
Baterai5.000 mAh5.003mAh
Kamera belakangLebar 200MP / ultra lebar 12MP / telefoto 10MP 3x / telefoto 10MP 10xLebar 50MP / telefoto ultra lebar 12MP / 48MP
Kamera depan12MP11.1MP
BiometrikPemindai sidik jari ultrasonik dalam layarPemindai sidik jari Pixel Imprint
WarnaBotanic Green / Bunga Kapas / Misty Lilac / Phantom BlackObsidian / Salju / Hazel

Pembandingan layar Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro sebenarnya tidak terlalu jauh. Meskipun Galaxy S23 Ultra memiliki layar yang lebih besar, Pixel 7 Pro memiliki dimensi yang serupa. 

Ukuran penindikan saku setara untuk kursus dengan gundukan teknologi yang sangat besar ini. Desainnya juga sangat berbeda di sini. 

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S4

Estetika Galaxy S23 Ultra hampir tidak bisa dibedakan dari S22 Ultra. 

Ada beberapa tweak untuk membuat sasis sedikit lebih tajam dan boxier. 

Kurva tampilan telah dicukur dan ini hampir meniru apa yang dilakukan Google dengan Pixel 7 Pro.

Kedua tampilan QHD+ luar biasa, tetapi sulit untuk mengabaikan panel Galaxy S23 Ultra yang cantik. 

Ini memiliki kecerahan maksimum yang lebih tinggi, bezel yang lebih kecil, dan layar yang sedikit lebih datar lebih bagus untuk digunakan. 

Masukkan S Pen, dan ini adalah layar impian para pencatat. Layar Pixel 7 Pro terbilang sangat bagus, namun masih belum bisa menandingi Galaxy S23 Ultra.

Galaxy S23 Ultra menggunakan prosesor flagship Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, RAM 8/12GB, dan penyimpanan internal UFS 4.0 yang lebih cepat. 

Sedangkan Pixel 7 Pro menggunakan Google Tensor 2 yang bisa bertahan di sana tetapi dalam hal kinerja game masih sangat bergantung pada tugas yang didukung AI untuk mendapatkan keunggulan.

Software

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro
Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro sama-sama sudah menggunakan Android 13. Perbedaan antara One UI dan Android versi Google untuk seri Pixel kini terasa semakin jauh dari sebelumnya. 

Warna Dinamis memainkan peran yang lebih besar, tetapi antarmuka Samsung sarat dengan banyak fungsi dan penyesuaian untuk membuatnya tampak seperti bentuk yang sama sekali berbeda.

Pixel 7 Pro adalah cara terbaik untuk merasakan pengalaman Android menurut kami. 

Itu sarat dengan fitur dan fungsionalitas yang tidak akan bisa dapatkan di tempat lain. Hal ini tidak semua menguntungkan Pixel, karena Galaxy S23 Ultra perlahan-lahan menambahkan beberapa fungsi bertenaga AI serupa yang menggunakan asisten suara Bixby yang sulit dimatikan.

Galaxy S23 UltraPiksel 7 Pro
Perangkat lunakDikirim dengan Android 13 dengan One UI 5.1Dikirim dengan Android 13
Pembaruan4 OS / 5 tahun tambalan3 OS / 5 tahun tambalan
FiturPemindai sidik jari dalam layarFace UnlockAR emojiDeXBixby Text CallMeet x Integrasi notePemindai sidik jari dalam layarFace UnlockPhoto UnblurCinematic BlurGoogle One VPNDeteksi batuk dan mendengkur

Sayangnya, Pixel tidak memberi pemilik jendela dukungan yang dapat menandingi Samsung. 

Pengguna akan mendapatkan empat pembaruan versi sistem operasi lengkap bersama update bulanan reguler hingga lima tahun saat menggunakan Galaxy S23 Ultra.

Langkah Samsung untuk menawarkan jendela dukungan seperti itu memberi tekanan pada Google, yang masih hanya menawarkan tiga peningkatan versi Android.

Namun baru-baru ini meningkatkan janji update bulanan menjadi lima tahun. 

Nah jika benar demikian, Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro, masih unggul S23 Ultra.

Sebab kemungkinan Galaxy S23 Ultra akan mendapatkan Android 17 di beberapa titik. Sedangkan Pixel 7 Pro akan mendapatkan Android 16.

Baterai

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro dalam hal baterai, di atas kertas masih unggul S23 Ultra. Kami sangat ingin melihat kemampuan Galaxy S23 Ultra dalam hal daya tahan baterai. 

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga Lengkap iPhone 5

Kembali ke prosesor andalan Qualcomm, di semua sektor baik segi performa dan peningkatan efisiensi. 

Dengan kedua ponsel mengemas sel internal 5.000 mAh, penggunanya bisa menggunakannya seharian tanpa masalah sama sekali.

Galaxy S23 UltraPiksel 7 Pro
Ukuran baterai5.000 mAh5.003mAh
Kecepatan pengisianKabel 45W10W Qi nirkabel5W nirkabel terbalikKabel 30 W (puncak 21 W)Nirkabel Qi 21 W dengan Pixel Stand 2Nirkabel terbalik 5 W

Tidak ada perangkat yang memiliki pengisian daya yang sangat cepat jika dibandingkan dengan perangkat seperti OnePlus, Xiaomi, dan Oppo. 

Konon, Galaxy S23 Ultra memiliki pengisian kabel yang lebih cepat tetapi Pixel 7 Pro mencapai kecepatan lebih tinggi saat menggunakan Pixel Stand yang kompatibel. 

Bagi mereka yang khawatir dengan masa pakai perangkat secara keseluruhan, kecepatan yang lebih rendah akan menyebabkan penurunan daya baterai yang lebih sedikit.

Kamera

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro
Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro

Perbadingan hasil jepretan kamera antara Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro saat ini banyak yang mengunggulkan S23 Ultra. Terutama pada fitur zoomnya yang mampu mencapai 100x zoom.

Spesifikasi kamera mentah Galaxy S23 Ultra menempatkannya tepat di puncak tiang totem dalam hal sistem kamera smartphone Android. 

Meski bukan yang paling mutakhir, beberapa sensor tahun lalu masih digunakan. Seperti kamera lebar utama dengan resolusi 200 megapiksel yang tidak diragukan lagi menjadi bintang pertunjukan di sini. 

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, resolusinya dua kali lipat lebih tinggi dan harus memberikan peningkatan yang substansial dalam semua kondisi pencahayaan.

Google lebih memilih untuk tidak terlalu mengandalkan tenaga kuda hardware kamera mentah dan memanfaatkan penyetelan komputasinya. 

Lanjut ke sensor utamanya 50 megapiksel yang telah menghasilkan keajaiban bagi sistem kamera Pixel. 

Jika membandingkan keduanya antara Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro dalam hal kamera, masing-masing sekali lagi menawarkan serangkaian kamera substansial yang termasuk yang terbaik dalam bisnis ini.

Silakan lihat detail perbandingan sensor kameranya:

Galaxy S23 UltraGoogle Piksel 7 Pro
Sensor utamaBukaan Samsung ISOCELL HP2200MPf/1.7Bukaan Samsung ISOCELL GN150MPf/1.9
Sensor sekunderSony IMX56412MP ultra-wide-anglef/2.2 aperture120˚ FOVSony IMX 38612MP ultra-wide-anglef/2.2 aperture126˚ FOV
Sensor tersierSony IMX57410MP 3x telefotof/2.4 apertureBukaan f/3.5telefoto Samsung GM5 48MP
Sensor kuarterSony IMX57410MP 10x telefotof/4.9 aperture
Sensor menghadap ke depanSamsung ISOCELL 3LU12MPf/2.2Sony IMX 66311.1MPf/2.2
Fitur perangkat keras kameraOISEISPDAFOISEISPDAF
Fitur perangkat lunak kameraZoom 100xSuper HDR pada 60fpsFoto Resolusi Tinggi SuperNightographySelfie Night PortraitAuto FramingDirector’s View8K 24/30fps960fps gerak lambatZoom 30xMode MakroBingkai Terpandu4K UHD 60fps (semua lensa)Video HDR10 10-bitNada Nyata 2.0Buram Sinematik

Meskipun kamera yang menghadap ke depan telah mengalami penurunan dalam resolusi maksimum, kamera ini seharusnya menawarkan selfie berkualitas tinggi. Zoom 100x yang ditingkatkan dibarengi dengan peningkatan pemrosesan warna yang lebih baik. 

Pixel hanya dapat bersaing hingga sekitar 10x Zoom. Melampaui batas zoom ini, dan Galaxy S23 Ultra adalah ponsel kamera zoom terbaik yang pernah ada.

Bukan hanya di perangkat keras di mana Galaxy S23 Ultra mengungguli sistem kamera Pixel 7 Pro. 

Jika Anda menginginkan fungsi kamera, ini adalah no-contest lainnya. Dari mode Pro khusus hingga resolusi perekaman video yang lebih baik, S23 Ultra bisa menjadi mesin pembuat konten yang dapat diverifikasi. 

Sedangkan Pixel 7 Pro luar biasa dalam hal pemrosesan dan fungsionalitas bertenaga AI. 

Dari Real Tone 2.0 hingga Guided Frame, ini adalah sistem kamera smartphone point-and-shoot dasar namun luar biasa.

Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro: Mana pilihan yang terbaik?

Sama seperti tahun lalu, Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro, memang masih diunggulkan S23 Ultra dalam beberapa sektor.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai perangkat Android terbaik yang pernah ada. 

Dalam banyak hal, ini menarik Pixel 7 Pro ke dalam jajaran smartphone Android terbaik, mengingat harganya jauh lebih rendah. 

Google sepertinya berusaha membuat perangkat agar bisa masuk ke daftar tersebut, ini merupakan bukti peningkatan yang dilakukan sejak peluncuran Pixel 6 Pro.

Samsung Galaxy S23 Ultra, sepertinya akan kembali ke puncak ponsel Android andalan. Jika kalian tidak memiliki budget sekitar $1.000+ (Rp15 Juta+), maka Pixel 7 Pro masih merupakan pilihan terbaik. 

Seperti Pixel 7 biasa, perangkat tersebut seharusnya di atas kertas masih memberikan perbedaan signifikan. 

Penyesuaian perangkat lunak sama-sama mengesankan dan, meskipun kekuatan pemrosesan lebih sedikit, secara keseluruhan tidak terlalu terasa perbedaannya.

Jika anggaran kalian melampaui $1.000 (Rp15 Juta), maka tidak diragukan lagi bahwa Galaxy S23 Ultra dapat bersaing untuk mendapatkan gelar flagship Android terbaik sepanjang tahun 2023.

Jika kalian memiliki pandangan lain mengenai Samsung Galaxy S23 Ultra vs Google Pixel 7 Pro, silakan bagikan pendapat di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru