Smartphone Layar Lipat Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Smartphone Lipat Terbaik 2023

PondokGue.com – Smartphone layar lipat terbaik mungkin akan membanjiri pasar di tahun 2023 ini. Sebab sudah banyak rumor yang menginformasikan beberapa produsen smartphone yang akan merilis smartphone lipat andalannya pada tahun 2023.

Smartphone layar lipat terbaik, sejauh ini memang masih dipegang oleh Samsung. Namun hal tersebut tidak dibiarkan begitu saja oleh kompetitornya.

Mulai dari Huawei, Vivo, Xiaomi, Oppo, Motorola, dan merk-merk lainnya yang siap memecah dominasi pasar smartphone layar lipat.

Berikut ini daftar smartphone layar lipat terbaik 2023:

Samsung Galaxy Z Fold 4

Smartphone layar lipat terbaik 2023 - Samsung Galaxy Z Fold 4
Samsung Galaxy Z Fold 4 | Sumber: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan smartphone lipat terbaru yang dijual resmi di Indonesia. Smartphone lipat terbaik dari Samsung ini hadir dengan ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1.Dipadukan dengan RAM 12GB dan ROM 512 GB. 

Kinerjanya sangat handal cocok untuk Anda yang butuh multitasking tinggi. Skor AnTuTu smartphone lipat ini mencapai 986.751.

Meski dalam segi resolusi dan layarnya tidak ada perubahan, masih sama seperti generasi sebelumnya. Layar AMOLED digunakan pada dua sisi layar, baik untuk layar utama dan covernya. 

Ukuran layar utamanya 7,6 inci dengan resolusi QHD+ dan layar cover-nya tidak jauh beda yaitu 6,2 inci. Perlu diketahui juga bahwa kedua layarnya sudah mendukung Refresh Rate 120 Hz.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, peningkatan fitur terdapat pada sektor kameranya. Samsung Galaxy Z Fold4 memiliki kamera utama dengan resolusi 50MP, kamera Ultrawide 12MP, dan kamera Telephoto 10MP. 

Resolusi kamera depannya masih sama yaitu Under Display Camera dengan resolusi 4MP dan 10MP di bagian cover.

Baterainya tergolong cukup besar, yaitu berkapasitas 4400 mAh dengan dukungan fast charging dan wireless charging.

Samsung Galaxy Z Flip4

Smartphone Layar Lipat Terbaik 2023 - Samsung Galaxy Z Flip 4
Samsung Galaxy Z Flip 4 | Sumber: Samsung

Smartphone lipat terbaik 2023 selanjutnya masih dari pabrikan Samsung, yaitu Galaxy Z Flip4. Jika sebelumnya adalah seri Fold yang bisa diubah menjadi versi tablet dengan layar lebarnya. Kini adalah seri flip, ala-ala HP jadul yang bisa dilipat namun sudah layar sentuh.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Harga Lengkap iPhone 5

Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki layar lipat seluas 6.7 inci. Hp ini memiliki desain clamshell sehingga layar utama jadi layar satu-satunya untuk operasional sehari-hari. Kekuatan layar lipatnya lebih kuat, bisa tahan hingga 200.000 kali buka tutup. 

Layarnya dilindungi Corning Gorilla Glass Victus dan engselnya didukung oleh Armor Alumunium paling kuat dari Samsung.

Performanya kini lebih bertenaga berkat chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Tes uji AnTuTu menyebutkan hp layar lipat Samsung terbaru 2023 ini mencapai 986.751. Performanya mirip seri Fold4. 

Multitasking lebih cepat atau pakai aplikasi berat tanpa kendala berarti. Kinerjanya juga lebih efisien karena chipset fabrikasi kecil 4nm.

Hp layar lipat Samsung terbaru ini punya dua kamera belakang, yaitu 12MP dan 12MP jenis Ultrawide. Kamera depan punya resolusi 10MP. Kapasitas baterai masih sama dari pendahulunya, yaitu 3700 mAh. 

Baterai bisa diisi cepat dengan Super Fast Charging dan mendukung Wireless Charging.

Xiaomi Mix Fold 2

Xiaomi Mix Fold 2 - Smartphone Layar Lipat terbaik 2023
Xiaomi Mix Fold 2 | Sumber: GSM Arena

Smartphone lipat terbaik berikutnya berasal dari pabrikan Xiaomi. Smartphone lipat milik Xiaomi ini menawarkan desain yang paling tipis dibandingkan perangkat lipat lainnya. 

Xiaomi Mix Fold 2 memang dirancang menggunakan engsel yang sudah banyak disederhanakan. Hasilnya, Mix Fold 2 berhasil membuat lipatan yang tanpa celah.

Ketika dibentangkan ketebalan hanya 5mm, sedangkan setelah dilipat ketebalannya juga masih sangat tipis, yaitu 11mm saja.

Keunggulan utama smartphone lipat berada pada sektor multitasking, terutama fitur jendela terapung. Fitur ini memungkinkan penggunanya agar tidak melewatkan sorotan apapun ketika membalas pesan.

Rasio layarnya 21:9 di luar. Kaca pelindungnya menggunakan Corning Victus, dan bezelnya juga sangat tipis. Kecepatan refresh 120Hz pada panel Eco¬≤ OLED yang digunakan pada Xiaomi Mix Fold 2 memiliki keunggulan lebih hemat daya. 

Baca Juga:   Ini Dia Kelebihan dari Smartphone Lenovo Vibe Shot

MIX Fold 2 dikemas dengan dua baterai dengan total 4500mAh dengan charger 67 watt.

Meski hanya setebal 5mm, kamera utama IMX 766 telah terpasang dengan penyetelan Leica. 

Xiaomi telah mempersenjatai Xiaomi Mix Fold 2 dengan chipset Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm). Prosesornya ini memiliki CPU Octa-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 & 3×2.75 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510) dan GPU Adreno 730. 

Motorola Razr 2022

Motorola Razr 2022 - Smartphone Layar Lipat Terbaik 2023
Motorola Razr 2022 | Sumber: GizmoChina

Motorola Razr 2022 baru ditenagai oleh chipset paling kuat, Snapdragon 8+. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan performanya. Tapi itu bukan pilihan yang bagus untuk bermain game lama, karena hanya memiliki baterai 3500mAh. 

Terdapat 3 modul kamera pada smartphone layar lipat terbaik dari Motorola ini. Modul tersebut mencakup kamera utama 50MP, lensa sudut lebar 13MP, dan kamera depan 32MP lainnya.

Layar lipat OLED 6,7 inci Motorola Razr ini disajikan dalam desain melengkung yang sudah mendukung kecepatan refresh 144Hz.

Smartphone layar lipat terbaik 2023 - Motorola Razr dalam mode Quick View

Kemudian pada layar interaktif Quick View memiliki ukuran 2,7 inci. Hebatnya, sub-layar ini tidak hanya bisa menampilkan jam yang dapat disesuaikan, melakukan panggilan telepon, dan menampilkan notifikasi saja. 

Pengguna juga bisa mengubahnya menjadi tampilan kedua yang berfungsi penuh untuk aplikasi yang didukung. 

Smartphone layar lipat terbaik 2023 - Motorola Razr dalam mode Quick View untuk bermain PUBG Mobile
Motorola Razr dalam mode Quick View untuk bermain PUBG Mobile

Seperti menonton video YouTube di layar kecil, mendengarkan musik di Spotify, bernavigasi di peta google, atau bahkan memainkan sebagian besar game di tampilan Quick View. 

Demikian beberapa daftar smartphone layar lipat terbaik 2023 yang perlu diketahui. Sebenarnya masih ada beberapa smartphone layar lipat lain yang memiliki performa serupa. Namun secara keseluruhan, smartphone di atas adalah pilihan terbaik di antara yang terbaik.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment